IMF: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2010 Hanya 4,8 Persen

selasa,3 November 2009 | 10.00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – International Monetary Fund (IMF) memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada akhir tahun ini akan mencapai 4 persen dan 4,8 persen pada tahun 2010 mendatang. Prediksi ini lebih rendah dibandingkan proyeksi pemerintah memperkirakan pertumbuhan ekonomi di tahun 2009 akan mencapai 4,3 persen dan 5,5 persen pada tahun 2010.

“Tahun 2010 outlooknya cukup bagus, proyeksi kami pertumbuhan ekonomi sebesar 4,8 persen ada potensi upside,” kata Senior Resident Representative Jakarta Office IMF Milan Zavadjil, dalam jumpa pers di kantornya, gedung Bank Indonesia, Jakarta, Selasa (3/11).

Angka pertumbuhan ekonomi ini, menurutnya, akan didorong oleh investasi yang diperkirakan mulai membaik tahun depan. Menurutnya, saat ini banyak investor swasta seperti multinational corporation yang mengincar untuk berinvestasi di Indonesia, sehingga pada tahun depan para investor asing ini akan menanamkan modalnya. “Investasi akan kembali, pertumbuhan ekonomi juga pengeluaran pemerintah yang telah direncanakan dan konsumsi masyarakat,”

Adapun untuk kinerja ekspor diperkirakan masih melemah di tahun depan. Pasalnya, pertumbuhan ekonomi dunia masih mengalami perlambatan pascakrisis ekonomi global yang akan mempengaruhi Indonesia. “Ekspor akan berlanjut secara lambat,”

Sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/xml/2009/11/02/13055263/imf.pertumbuhan.ekonomi.indonesia.tahun.2010.hanya.48.persen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: