KPPU Putuskan Carrefour Bersalah

Rabu,4 November 2009

JAKARTA,Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) memutuskan PT Carrefour Indonesia bersalah karena telah melanggar dua pasal UU No 5/1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Hal ini terkait akuisisi yang dilakukan Carrefour terhadap PT Alfa Retailindo Tbk. Ketua Majelis Komisi Dedie S Martadisastra menjelaskan,Carrefour Indonesia telah terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar pasal 17 ayat 1 dan pasal 25 ayat 1 huruf a UU No 5/1999. “Carrefour dinyatakan tidak terbukti melanggar dua pasal yang dituduhkan sebelumnya oleh tim pemeriksa, yakni pasal 20 dan pasal 28 ayat 2 UU No 5/1999.Perkara bermula dari laporan masyarakat terkait dugaan monopoli akuisisi Alfa yang dilakukan pada Januari 2008,” kata Dedie di Jakarta kemarin.

Dengan keputusan tersebut, kata Dedie,Carrefour Indonesia dihukum harus membayar denda sebesar Rp25 miliar yang harus disetor ke Kas Negara sebagai setoran pendapatan denda pelanggaran di bidang Persaingan Usaha Departemen Perdagangan Sekretariat Jenderal Satuan Kerja KPPU. ”Berdasarkan bukti-bukti, pangsa pasar Carrefour diketahui meningkat menjadi 57,99% sebelumnya sebesar 46,3%,”jelasnya.

Menurutnya,hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa penguasaan pasar dan posisi dominan Carrefour tersebut disalahgunakan kepada para pemasok dengan meningkatkan dan memaksakan potonganpotongan harga pembelian barang melalui skema trading terms. “Potongan trading terms kepada pemasok Alfa meningkat berkisar sebesar 13% hingga 20%,”kata Dedie.Tidak hanya dihukum denda sebesar Rp25 miliar, Carrefour juga harus melepas semua saham kepemilikan PT Alfa Retailindo.

Sumber: http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/281483/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: