Pasar Internasional Serap Sawit Bersertifikat Ramah Lingkungan

Rabu, 4 November 17.10 WIB
JAKARTA,KOMPAS.com — Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKSI) Derom Bangun mengemukakan pasar kini makin banyak serap produksi kelapa sawit Indonesia, yang sudah dapat sertifikat Rountable on Sustainable Palm Oil (RSPO) dan kini sudah 250.000 ton per tahun yang diserap pasar.

“Memang awalnya produk kelapa sawit yang sudah sertifikat kurang direspons pasar internasional, tapi masa itu karena sedang krisis ekonomi,” kata Derom di sela-sela pertemuan RSPO ke-7,  yang berlangsung pada 2-4 November 2009 di Kuala Lumpur, Rabu (4/11).

Namun, setelah krisis dan didesak terus-menerus akhirnya kini pasar makin banyak menyerap produk kelapa sawit yang telah memiliki sertifikat RSPO. “Kini sudah ada beberapa perusahaan perkebunan kelapa sawit di Indonesia, Malaysia, dan Papua Niugini telah pegang sertifikat RSPO,” katanya.

Dengan memegang sertifikat RSPO ini maka perkebunan kelapa sawit itu telah memenuhi ketentuan ramah lingkungan, misalkan, tidak melakukan pembakaran hutan, tidak ada konflik dengan masyarakat adat dan serikat pekerja, dan memenuhi aturan pemerintah.

Indonesia sendiri, lanjut Ketua Umum GAPKSI itu, sudah ada tiga perusahaan yang pegang RSPO dan kini satu perusahaan sedang diproses dan banyak lagi lainnya sedang siap-siap mengajukan diri untuk dapat sertifikat RSPO.

Tapi diakui masih sedikit perusahaan perkebunan kelapa sawit Indonesia yang memegang sertifikat ramah lingkungan karena jumlah perusahaannya lebih dari 100 perusahaan. Indonesia kini memiliki 7,1 juta ha perkebunan kelapa sawit dan produksinya 20,5 juta ton per tahun.

Menurut Direktur Eksekutif Kelapa Sawit Watch Abetnego Tarigan, belum ada insentif harga bagi produk kelapa sawit yang punya sertifikat RSPO sehingga kurang mendorong perusahaan atau pemilik perkebunan untuk mendapatkan sertifikat ramah lingkungan itu. “Sebaiknya memang ada harga premium untuk produk kelapa sawit bersertifikat dan harga standar untuk produk nonsertifikat,”

Sumber : http://bisniskeuangan.kompas.com/read/xml/2009/11/04/11345322/pasar.internasional.serap.sawit.bersertifikat.ramah.lingkungan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: