Revitalisasi Garam, Pemerintah Siapkan Rp 1 Triliun

sabtu, 7 November 2009 | 13:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com –  Pemerintah menyiapkan dana Rp 1 triliun untuk program revitalisasi pabrik gula denga pola subsidi bunga. “Ada indikasi dukungan dana revitalisasi pabrik gula dengan pola subsidi bunga supaya perusahaan ini bisa berani untuk mendapatkan kredit komersial,” kata Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (Meneg BUMN) Mustafa Abubakar usai bertemu dengan Menteri Perindustrian MSB Hidayat di Departemen Perindustrian, Jakarta, Jumat (6/11).

Menurut Mustafa, untuk program awal revitalisasi pabrik gula, pemerintah akan menyediakan dana sekitar Rp 1 triliun. “Pemerintah sediakan Rp 1 triliun dulu,” ujarnya.

Selain revitalisasi pabrik gula, dua menteri itu membahas juga revitalisasi pabrik pupuk dan PT garam. Konsep revitalisasi tiga sektor industri itu ditargetkan rampung dalam dua pekan kedepan. “Kami memberi perhatian besar dan utama pada soal gula dan pupuk, sangat penting untuk direvitalisasi,”ujarnya.

Mustafa menjelaskan ada tujuh pabrik gula dalam di lingkungan BUMN yang perlu direvitalisasi dengan pembaruan pabrik atau membangun yang baru. “Ini tujuannya untuk meningkatkan jumlah produksi dan kualitas produksinya. Dalam dua pekan konsepnya sudah akan selesai,” tuturnya.

Sementara untuk pabrik pupuk, pemerintah akan fokus pada penyelesaian masalah pengadaan gas. “Kalau pabrik pupuk permasalahannya tidak begitu besar, kita konsen dengan pengadaan gas,” tambahnya.

Tujuan revitalisasi pabrik pupuk adalah untuk meningkatkan produksi pupuk antara urea maupun pupuk organik. “PT Garam pun mendapat perhatian juga. Kami akan koordinasi dengan Departemen Kelautan dan Perikanan. PTB Garam berpotensi untuk ditingkatkan kembali,”

Sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/xml/2009/11/06/13194385/revitalisasi.garam.pemerintah.siapkan.rp.1.triliun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: